Day: November 6, 2020

Update Pilpres AS: Tertinggal Jauh dari Biden, Trump Berang !

Update Pilpres AS: Tertinggal Jauh dari Biden, Trump Berang !

Calon presiden (capres) Amerika Serikat ( AS) Donald Trump makin geram begitu mengetahui  pengitungan suara pilpres AS menunjukkan saingannya, capres dari Partai Demokrat Joe Biden, lebih unggul.

Dirinya bahkan membuat pernyataan tak mendasar terhadap hasil pemilu.

Hal itu disampaikan dalam pidato selama 17 menit mengenai proses demokrasi di Amerika. Menurut Trump, Partai Demokrat menggunakan suara ilegal untuk mencuri pemilihan dari kubunya sebagaimana dilansir dari AFP.

“Kalau kalian menghitung suara legal, saya menang dengan mudah. Mereka (Partai Demokrat) mencurangi pemilu, dan kami tidak akan membiarkannya terjadi,” ujar Trump.

Pidato Trump tersebut merupakan kemunculan pertama Trump di depan media setelah malam pemilu berakhir pada Selasa (3/11/2020) malam. Keluhan Trump tersebut secara khusus mengkritik integritas pemungutan suara yang melalui mail-in ballot alias pemungitan suara dengan layanan pos AS.

Pergeseran Pilpres AS melalui mail-in ballot tahun ini mencerminkan keinginan pemilih untuk menghindari risiko terpapar Covid-19 di tempat pemungutan suara (TPS)

Biden Minta Pendukung Tetap Tenang

Biden hanya membutuhkan kemenangan di Arizona dan Nevada untuk dapat melenggang ke Gedung Putih. Sedangkan Trump masih harus memenangkan sejumlah negara bagian seperti Pennsylvania, Georgia, Nevada, dan Arizona agar bisa mempertahankan jabatannya.

Dalam komentarnya kepada wartawan di kampung halamannya di Wilmington, Delaware, Biden mengatakan firasatnya semakin baik. “Kami yakin, saat penghitungan selesai, saya dan Senator (Kamala) Harris (cawapres yang diusung Biden) akan dinyatakan sebagai pemenang,” ujar Biden.

Biden, yang telah berjanji untuk menyembuhkan negara yang dirusak oleh empat tahun kekuasaan Trump, mengimbau rakyat AS terutama pendukungnya untuk tetap tenang.

“Prosesnya sedang bekerja. Penghitungannya akan segera selesai. Kita akan mengetahuinya,” kata Biden, yang dapat banyak dukungan dari komunitas kuliat hitam dan umat islam.

Sementara Trump terus berkeras dirinya akan menang. Mereka mengklaim bahwa surat suara dari pendukung Trump banyak yang tidak dihitung. Tetapi fokus Trump yang luar biasa adalah mengklaim dengan tanpa bukti bahwa dia adalah korban penipuan massal Pilpres AS